Senin, 03 November 2014

Pengembangan Karakter

1. Temukan makna yang sangat berarti sebagai motivasi
a. Carilah dan tuliskan 5 makna (arti penting) mengikuti program D1 ITB.

Setelah program D1 ITB dimulai, saya mendapati program D1 ITB sebagai:


  1. Pemicu munculnya keinginan untuk mempelajari, memahami, menerapkan, dan menguasai ilmu yang berkenaan dengan sistem jaringan dan website.
  2. Salah satu jaminan dalam mewujudkan cita-cita saya untuk berkarir di ranah teknik informatika.
  3. Bimbingan dan tuntunan untuk mempelajari sistem jaringan dan website secara sistematis.
  4. Penggugah rasa ingin terus belajar.
  5. Hal yang membiasakan diri saya untuk lebih disiplin.

b. Buatlah penilaian 5 makna tersebut dari yang paling bermakna sampai yang paling kecil maknanya.

5 makna yang tertulis di atas telah disusun berdasarkan nilai maknanya. Berikut penjelasannya:


  1. Sebuah 'keinginan' adalah hal pertama yang memicu seseorang untuk bertindak. Tanpa ada tindakan apapun, seseorang akan berada dalam keadaan yang tidak berkembang / tidak maju.
  2. Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa keamanan dan kemapanan finansial menjadi keinginan seseorang. Karir yang ideal adalah karir yang sejalan dengan keminatan dia yang menjalaninya. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi karir adalah latar belakang pendidikan yang telah diselesaikannya.
  3. Sistem pembelajaran yang sistematis dapat mempermudah dalam menguasai suatu bidang keilmuan.
  4. Proses pembeajaran yang muncul dari diri sendiri akan lebih menyenangkan dibandingkan dengan proses pembelajaran dengan rasa terpaksa.
  5. Membiasakan untuk hidup disiplin dapat memperaiki nilai karakter seseorang.
2. Kegiatan generik harian saat ini

22.00 - 04.30 Tidur malam dan bangun tidur
04.30 - 06.00 Sholat dan membaca Al Quran
06.00 - 08.30 Sarapan dan persiapan kerja
09.00 - 12.00 Kerja
12.00 - 12.30 Makan siang, sholat, dan istirahat
12.30 - 15.30 Kerja
15.30 - 15.45 Sholat
15.45 - 17.00 Kerja
17.00 - 18.30 Pulang kerja, istirahat, dan sholat.
18.30 - 19.30 Kegiatan hiburan (TV, browsing)
19.30 - 19.45 Sholat
19.45 - 21.00 Kegiatan hiburan/sosial
21.00 - 22.00 Makan malam

3. Merancang kegiatan generik harian IDEAL

22.00 - 04.30 Tidur malam dan bangun tidur
04.30 - 06.00 Sholat dan membaca Al Quran
06.00 - 06.30 Sarapan
06.30 - 07.00 Mandi dan persiapan kerja
07.00 - 08.30 Kegiatan belajar mandiri
09.00 - 12.00 Kerja
12.00 - 12.30 Makan siang, sholat, dan istirahat
12.30 - 15.30 Kerja
15.30 - 15.45 Sholat
15.45 - 17.00 Kerja
17.00 - 18.30 Pulang kerja, istirahat, dan sholat.
18.30 - 19.30 Kegiatan belajar mandiri
19.30 - 19.45 Sholat
19.45 - 21.00 Kegiatan belajar mandiri
21.00 - 22.00 Makan malam dan kegiatan hiburan/sosial.

4. Merancang cara belajar mandiri
a. Tuliskan tahapan/ cara belajar yang selama ini dilakukan.
Membaca dan memahami modul pembelajaran, kemudian mengerjakan tugas yang diberikan.
b. Buatlah Cara Belajar Mandiri berdasarkan contoh Tahapan Belajar yang generik (lakukan tiap tahap secara disiplin).


  1. Fase identifikasi: Membaca deskripsi materi yang sudah tersedia dan memahami tujuan dari materi tersebut.
  2. Fase mengakses: Mengingat kembaii apa saja hal yang sudah saya ketahui berkenaan dengan materi tersebut.
  3. Fase menyelidiki: Mengunduh dan memahami materi yg sudah tersedia, dan mencari acuan lain untuk membantu memahami materi.
  4. Fase menjelaskan: Membuat sebuah rangkuman yang menjelaskan tentang kaitan semua materi (yang baru dan terdahulu).
  5. Fase merinci: Mengerjakan tugas yang diberikan, dan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari.
  6. Fase menilai: Memeriksa kembali rangkuman, tugas, dan pengaplikasian materi dan memastikan bahwa semuanya sudah sesuai dengan materi yag telah diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar